Kamis, 05 Juni 2014

tulisan 1



Nama : Befrinda agustin
Npm  : 18211304
Kelas : 3EA26

Tulisan 1
1. Identitas Buku :
Judul Buku / Novel : Promises, Promises - Mencintaimu Sekali Lagi
Penerbit                : Gagas Media
Kota Terbit           : Jakarta
Tahun Terbit         : 2011
Tebal Buku            : 354 Halaman
Pengarang              : Dahlian
Harga Buku            : Rp. 48.000,-
2.  Kepengarangan :

Latar Belakang Pengarang
       Buku ini dikarang oleh seorang penulis yang bernama Dahlian, nama asli penulis ini sebenarnya adalah Fidriwida. Dahlian adalah nama pena yang digunakan khusus untuk novel dengan gendre mainstream romance, sedangkan untuk novel yang bergendre komedi biasanya tetap menggunakan nama Fidriwida.
          Dahlian memulai karir menulisnya pada tahun 2007, setelah naskah komedi pertamanya diterbitkan oleh Gagas media. Setelah menerbitkan beberapa novel komedi, lulusan FSUI dan Capital Normal University, Beijing ini mengembangkan kemampuan menulisnya dengan menjajal gendre, yang cukup asing baginya yaitu mainstream romance. Dibawah bimbingan editor Gagas Media, Dahlian berhasil menerbitkan Baby Proposal dan After Office Hours ( duet dengan Gielda Latifa ). The Pilot’s Woman adalah novel roman ketiga sekaligus yang ditulisnya secara solo. Promises Promises adalah novel keempatnya.


Ringkasan Novel
       Novel ini menceritakan tentang seorang wanita yang hidup dengan penghasilan cukup dengan membiayai kehidupan anaknya seorang diri. Wanita ini bernama Fiona, Fiona berkerja sebagai desain interior di sebuah perusahaan. Pada suatu hari, ia ditugaskan oleh Raymond direkturnya untuk menemui kliennya di sebuah rumah yang sekiranya cukup maskulin. Tak disangka rumah itu adalah rumah Evan mantan pacarnya dulu yang amat dia cintai tetapi sekarang amat dia benci karena telah meninggalkan dirimya ditengah ketidakberdayaanya.
          Evan adalah lelaki yang menikah dengan seorang artis terkenal tetapi dia akan cerai dan sekarang menjadi klien Fiona. Sebenarnya ia amat mencintai Fiona dan tidak bermaksud meninggalkan Fiona dan membiarkannya melewati rasa malu seorang diri ke Jerman untuk melanjutkan kuliahnya.
          Ketika awal pertemuan dengan Fiona dirumahnya, ia merasa amat senang sekai sampai sampai ingin memeluknya dengan erat karenakerinduannya terhadap wanita tersebut. Tetapi, dia merasa Fiona merasa sangat dingin terhadapnya. Dan, menurutnya ia sangat pantas menerima sikap Fiona yang dingin itu karena dia sudah melakukan kesalahan besar, kesalahan yang sempat menghancurkan cita cita Fiona. Serta di hari hari yang seharusnya dia ada di samping wanita itu, dia malah pergi meninggalkannya.
          13 tahun yang lalu, disaat Evan akan pergi ke Jerman, dia mendapat kabar bahwa Fiona tengah mengandung anaknya, dan saat mendengar kabar itu Evan tidak membatalkan kuliahnya dia malah tetap pergi ke Jerman pergi meninggalkan Fiona dan menyuruh Fiona menggugurkan kandungannya. Mendengar sikap Evan seperti itu, dia merasa bahwa Evan adalah laki laki yang pengecut. Fiona seharusnya membenci Evan, akan tetapi ia sadar bahwa ia tidak lagi membenci Evan. Seiring berjalannya waktu, seiring bertambahnya kedewasaan, kebencian itu memudar. Apalagi saat Fiona bekerja dirumah Evan, lelaki itu selalu berada di dekatnya.
          Suatu hari saat Fiona sedang berkerja tiba tibadia ditelepon oleh ibunya bahwa kejora ( anak Fiona ) sedang berada di rumah sakit. Mendengar kabar itu Fiona langsung panic dan terburu buru untuk pergi meninggalkan rumah Evan. Dan disaat itu dia berpapasan dengan Evan, Evan yang bingung dengan perilaku Fiona yang aneh langsung memegang tangan Fiona dan memintanya untuk memberitahu tentang apa yang terjadi padanya. Fiona menjelaskannya panjang lebar bahwa anaknya sedang dirumah sakit. Karena Evan khawatir dengan Fiona akhirnya dia mengantarkannya kerumah sakit tempat anak Fiona dirawat.
          Saat tiba di rumah sakit Fiona mendapati bahwa Kejora terkena demam berdarah, dan dia membutuhkan donor darah yang AB. Saat itu Evan sadar bahwa golongan darah Kejora sama dengan golongan darahnya. Awalnya Evan tidak percaya bahwa Kejora itu adalah anaknya karena Kejora mempunyai sifat yang hamper sama dengannya. Kejora senag sekali membaca buku dan warna matanya mirip dengannya. Tapi, tiba tiba saja Fiona memberitahunya bahwa Kejora adalah benar anaknya.
          Disaat itu pula Bianca istri Evan yang akan diceraikannya datang menemui Fiona dan memberikan kabar tidak baik pada Fiona. Dan it     u membuat Fiona menyesal telah percaya pada Evan untuk kedua kalinya.
          Itu adalah rintangan yang harus dihadapi Fiona dan Evan. Semua berjalan diluar kehendak mereka yang menyebabkan mereka putus. Akankah mereka kembali bersama ataukah tetap berpisah Dan apakah Kejora mengetahui baha Evan adalah ayahnya ?
Sinopsis
      Setelah bertahu tahun lamanya, takdir mempertemukan kau dan aku lagi. Berdiri, berhadap hadapan, dan sama sama bingung memulai percakapan. Harusnya “Apa kabar ?” dan “Aku selalu memirkinkanmu” bisa dengan mudah meluncur dari bibir kita. Tapi, aku bergeming di tempatmu berdiri dan aku tak akan mengizinkan kau melihatku meneteskan air mata rindu. Aku menutup rapat rapat hati dan menyembunyikan kuncinya sejauh mungkin darimu. Tak ingin kau menyentuhku semudah itu. Tak akan membiarkanmu memelukku seerat dulu.
          Kulawan semua godaan yang menghampiriku dan ingin pergi jauh jauh darimu… meskipun yang kulakukan justru berusaha menahanmu di sisiku lebih lama lagi. Kukatakan sudah berhenti memikirkanmu tetapi aku sendiri ragu akan hal itu.
          Aku benci tak jujur  kepadamu. Namun, lebih khawatir kau akan membuatku jatuh cinta lagi untuk kedua kali.
Membuatku jatuh dan terluka lagi…..

Kelebihan dan Kekurangan Buku

·         Kelebihan Buku :
Promises promises ditulis dengan bahasa yang indah dan sederhana.  Kisah cintanya bagai air yang terus mengalir. Alur ceritanya tersusun rapid an membuat pembaca penasaran. Dengan sedikit tokoh, Dahlian mampu mengemas tulisannya menjadi cerita yang complicated. Rasa senang, sedih, haru, frustasi, benci, cinta dan lainnya.  Novel ini juga mengajarkan nilai nilai kehidupan yang dapat kita ambil salah satunya adalah memaafkan seseorang dan menjadikan kesalahan masa lalu sebuah pelajaran berharga adalah satu usaha yang patut diharga.
·         Kekurangan Buku :
Novel ini hampir tidak mempunyai kekurangan tetapi setiap karya manusia pastilah memiliki kekurangan. Kekurangan dari novel ini adalah masih ada penulisan yang salah dan kurang dimengerti oleh pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar