Nama : Befrinda Agustin
Kelas : 3EA26
Npm : 182113041. Perilaku Konsumen dan Cakupan Ilmu Perilaku Konsumen
- Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses
dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian , pemilihan ,
pembelian , penggunaan , serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan
dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen
untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low- involvement)
proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang
berharga jual tinggi ( high- involvement ) proses pengambilan keputusan dilakukan
dengan pertimbangan yang matang.
- Cakupan ilmu perilaku konsumen
Cakupan perilaku konsumen terpusat pada cara individu
mengambil untuk memanfaatkan sumber daya
mereka yang tersedia (waktu, uang, usaha) guna membeli barang barang yang
berhubungan dengan konsumsi. Hal ini mengcangkup apa yang mereka beli, mengapa
mereka membeli, kapan mereka membeli, dimana mereka membeli, seberapa sering
mereka membeli, dan seberapa sering mereka menggunakannya.
2. Dapat
menunjukkan dengan benar siapa yang sebenarnya yang dimaksud dengan konsumen
dan apa yang menjadi ciri ciri konsumen
- Yang
dimaksud dengan konsumen
Adalah setiap orang yang memakai
dan menggunakan barang atau jasa yang tersedia di masyarakat, baik untuk
kepentingan diri sendiri maupun kepentingan orang banyak tidak dan atau untuk makhluk hidup lain dan
tidak untuk diperjual belikan.
- Ciri
ciri Konsumen
Dua wujud konsumen yaitu
- Personal Consumer : Konsumen ini membeli atau menggunakan
barang atau jasa untuk penggunaanya sendiri.
- Organizational consumer : konsumen ini membeli atau
menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan
organisasi tersebut.
Production Concept
Konsumen
pada umumnya lebih tertarik dengan produk produk yang harganya lebih murah .
Product Concept
Konsumen
akan menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan tersebut memiliki kualitas
yang tinggi, performa yang terbaik dan memiliki fitur fitur yang lengkap.
3. Menjelaskan
kekuatan utama yang dapat mempertajam penelitian tentang konsumen
Terdapat tiga pendekatan utama
atau kekuatan utama dalam meneliti perilaku
konsumen. Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini
menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi
dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus group discussion untuk
memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan
dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
Pendekatan kedua adalah
pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi
kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini
bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan
pembuatan keputusan konsumen. Studi dilakukan melalui eksperimen dan survey
untuk menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang
konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial
terhadap perilaku konsumen.
Pendekatan ketiga disebut
sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi
dan statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba
model matematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk
memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi,
yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis. Ketiga pendekatan sama-sama
memiliki nilai dan tinggi dan memberikan pemahaman atas perilaku konsumen dan
strategi marketing dari sudut pandang dan tingkatan analisis yang berbeda. Sebuah
perusahaan dapat saja menggunakan salah satu atau seluruh pendekatan,
tergantung permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut.
Daftar Pustaka :
- http://nulisonline.wordpress.com/2011/01/09/pendeketan-penelitian-perilaku-konsumen/
- http://gabygabrielabosch.blogspot.com/2010/10/pemahaman-konsep-perilaku-konsumen.html?m=1
- ekakeropooh.blogspot.com/2012/10/pengertian-konsumen-ciri-ciri-konsumen.html?m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar