Nama : Befrinda Agustin
Kelas : 3EA26
Npm : 18211304
2. Segmentasi Pasar dan Analisis
Demografi
Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana
memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan
memanfaatkan peluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Segmentasi
pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak
boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal
yang harus dipelajari dalam membangun usaha. Pengertian segmentasi pasar
sebagai suatu strategi perusahaan tidaklah semata dilakukan dengan cara membedakan
produk atau bahkan menciptakan produk baru (product diversification), tetapi
didasarkan atas atas perbedaan minat dan kebutuhan konsumen.
ANALISIS DEMOGRAFI
Pada suatu pemasaran produk, analisis demografi
harus dilakukan. Hal tersebut berguna untuk mengetahui trend demografis produk
yang dipasarkan. Data dalam demografi pemasaran dapat terdiri dari usia, ras,
jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, mobilitas, kepemilikan rumah, lokasi, status,
pekerjaan, dan tingkat pendidikan. Jika demografi konsumen telah di lakukan,
maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan analisis demografi,
agar demografi yang telah dilakukan dapat kita ketahui hasilnya setelah kita melakukan
analisis atas demografi yang telah kita buat.
- Segmentasi
Pasar
definisi yang diberikan oleh Wendell Smith segmentasi
pasar adalah adanya pengelompokkan pelanggan menurut keinginan dan kebutuhan
yang berbeda beda dan yang membutuhkan produk berbeda. Apa yang dihasilkan
adalah pembagian pasar yang sepenuhnya heterogen ke sejumlah kelompok sektor
dengan kebutuhan dan keinginan yang relatif homogen.
- Segmentasi
pasar dan kepuasan konsumen
Kepuasan Konsumen
Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal
dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja ( hasil) suatu produk dengan
harapannya. Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau
pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi
kenyang.
b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut
yang bersifat tidak berwujud. Misalnya : Perasaan bangga karena
mendapat pelayanan yang sangat istimewa dari sebuah restoran yang mewah
- Segmentasi
dan Provitabilitas
Profitabilitas adalah kemampuan perseroan untuk
menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong pertumbuhan baik untuk jangka
pendek maupun jangka panjang. Profitabilitas perseroan biasanya dilihat dari
laporan laba rugi perseroan (income statement) yang menunjukkan laporan hasil
kinerja perseroan.
- Penggunaan
Segmentasi dalam Strategi Pemasaran
Agar segmen pasar dapat bermanfaat maka harus
memenuhi beberapa karakteristik:
·
Measurable
: Ukuran, daya beli, dan profil segmen harus dapat diukur meskipun ada beberapa
variabel yang sulit diukur.
·
Accessible
: Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
·
Substantial
: Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani
·
Differentiable
: Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan memberikan tanggapan
yang berbeda terhadap elemen-elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.
·
Actionable
: Program yang efektif dapat dibuat untuk menarik dan melayani segmen-segmen
yang bersangkutan. Langkah dalam mengembangkan segmentasi yaitu :
1. Mensegmen pasar menggunakan variabel-
variabel permintaan, seperti kebutuhan konsumen, manfaat yang dicari, dan
situasi pemakaian.
2. Mendeskripsikan segmen pasar
yang diidentifikasikan dengan menggunakan variabel- variabel yang dapat
membantu perusahaan memahami cara melayani kebutuhan konsumen tersebut dan cara
berkomunikasi dengan konsumen.
·
Contoh Perusahaan
PT Gudang garam Tbk merupakan
salah satu produsen rokok paling sukses di Indonesia. Surya Wonowijoyo
merupakan pendiri sekaligus pemilik awal gudang garam. Industri rokok berperan
besar dalam perekonomian makro, selain menyerap tenaga kerja dalam jumlah
besar, produsen rokok merupakan penyumbang pendapatan negara dari pita cukai.
Kini saham PT Gudang garam Tbk merupakan salah satu saham yang diperdagangkan
di bursa efek Jakarta.
Produk yang dihasilkan oleh PT
Gudang garam Tbk yaitu rokok, berbagai macam merek rokok dihasilkan oleh
perusahaan ini. Produk produk rokok tersebut seperti Gudang Garam
International, Surya 1, Surya 16, Surya slims, Surya pro, Gudang Garam
Nusantara Mild, Gudang Garam Merah, dan
lain sebagainya. Harga rokok rokok tersebut berbeda beda tergantung merek nya.
Kisaran harganya mulai dari Rp 5000 hingga Rp 10000
Daftar Harga produk PT
Gudang Garam Tbk :
1. Gudang Garam Filter 12 = Rp 8000/bungkus
2. Gudang Garam Surya 16 = Rp 10100/bungkus
3. Gudang Garam Profesional 12 = Rp 7800/bungkus
4. Gudang Garam Merah = Rp 5750/bungkus
Seperti yang sudah diberitahukan
diatas kisaran harga produk ini adalah Rp 5000 – Rp 10000, Produk ini memiliki
segmen pasar umum. Produk ini bisa masuk ke masyarakat yang tingkat ekonominya
menengah ke bawah, selain itu Pt Gudang Garam Tbk juga mendekatkan produk ini
untuk kalangan dewasa muda guna menghilangkan hambatan emosional yang kerap
muncul pada konsumen dewasa muda.
Daftar pustaka :
http://husniaalfaini.blogspot.com/2011/01/perilaku-konsumen-segmentasi-pasar-dan.html?m=1
http://ayuvianti.blogspot.com/2011/10/segmentasi-pasar-dan-kepuasan-konsumen.html?m=1
putraqwerty.blogspot.com/2012/10/segmantasi-dan-analisis-demografi.html?m=1
barrardliverpool.blogspot.com/2012/03/perusahaan-pengolahan-manufaktur-rokok.html?m=1
Buku Kamus Pemasaran karangan Charles Doyle, terbitan PT Indeks tahun 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar