Kamis, 03 Oktober 2013

Tugas 1

Nama : Befrinda Agustin
Kelas : 3EA26
Npm  : 18211304


1.  Perilaku Konsumen dan Cakupan Ilmu Perilaku Konsumen

  • Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian , pemilihan , pembelian , penggunaan , serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low- involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi ( high- involvement ) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

  • Cakupan ilmu perilaku konsumen
Cakupan perilaku  konsumen terpusat pada cara individu mengambil  untuk memanfaatkan sumber daya mereka yang tersedia (waktu, uang, usaha) guna membeli barang barang yang berhubungan dengan konsumsi. Hal ini mengcangkup apa yang mereka beli, mengapa mereka membeli, kapan mereka membeli, dimana mereka membeli, seberapa sering mereka membeli, dan seberapa sering mereka menggunakannya.

2.  Dapat menunjukkan dengan benar siapa yang sebenarnya yang dimaksud dengan konsumen dan apa yang menjadi ciri ciri konsumen

  • Yang dimaksud dengan konsumen
Adalah setiap orang yang memakai dan menggunakan barang atau jasa yang tersedia di masyarakat, baik untuk kepentingan diri sendiri maupun kepentingan orang banyak  tidak dan atau untuk makhluk hidup lain dan tidak untuk diperjual belikan.

  • Ciri ciri Konsumen
Dua wujud konsumen yaitu
  1. Personal Consumer : Konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaanya sendiri.
  2. Organizational consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.
Production Concept
     Konsumen pada umumnya lebih tertarik dengan produk produk yang harganya lebih murah .
Product Concept
     Konsumen akan menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan tersebut memiliki kualitas yang tinggi, performa yang terbaik dan memiliki fitur fitur yang lengkap.

3. Menjelaskan kekuatan utama yang dapat mempertajam penelitian tentang konsumen

Terdapat tiga pendekatan utama atau kekuatan utama  dalam meneliti perilaku konsumen. Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen. Studi dilakukan melalui eksperimen dan survey untuk menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi, yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis. Ketiga pendekatan sama-sama memiliki nilai dan tinggi dan memberikan pemahaman atas perilaku konsumen dan strategi marketing dari sudut pandang dan tingkatan analisis yang berbeda. Sebuah perusahaan dapat saja menggunakan salah satu atau seluruh pendekatan, tergantung permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut.

     Daftar Pustaka :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar