Jumat, 04 Oktober 2013

Tugas 2

Nama : Befrinda Agustin
Kelas : 3EA26
Npm  : 18211304


2. Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi

Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha. Pengertian segmentasi pasar sebagai suatu strategi perusahaan tidaklah semata dilakukan dengan cara membedakan produk atau bahkan menciptakan produk baru (product diversification), tetapi didasarkan atas atas perbedaan minat dan kebutuhan konsumen.

ANALISIS DEMOGRAFI

Pada suatu pemasaran produk, analisis demografi harus dilakukan. Hal tersebut berguna untuk mengetahui trend demografis produk yang dipasarkan. Data dalam demografi pemasaran dapat terdiri dari usia, ras, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, mobilitas, kepemilikan rumah, lokasi, status, pekerjaan, dan tingkat pendidikan. Jika demografi konsumen telah di lakukan, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan analisis demografi, agar demografi yang telah dilakukan dapat kita ketahui hasilnya setelah kita melakukan analisis atas demografi yang telah kita buat.

  1. Segmentasi Pasar

definisi yang diberikan oleh Wendell Smith segmentasi pasar adalah adanya pengelompokkan pelanggan menurut keinginan dan kebutuhan yang berbeda beda dan yang membutuhkan produk berbeda. Apa yang dihasilkan adalah pembagian pasar yang sepenuhnya heterogen ke sejumlah kelompok sektor dengan kebutuhan dan keinginan yang relatif homogen.

  1. Segmentasi pasar dan kepuasan konsumen
Kepuasan Konsumen
Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja ( hasil) suatu produk dengan harapannya. Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misalnya : Perasaan bangga karena
mendapat pelayanan yang sangat istimewa dari sebuah restoran yang mewah

  1. Segmentasi dan Provitabilitas

Profitabilitas adalah kemampuan perseroan untuk menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong pertumbuhan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Profitabilitas perseroan biasanya dilihat dari laporan laba rugi perseroan (income statement) yang menunjukkan laporan hasil kinerja perseroan.

  1. Penggunaan Segmentasi dalam Strategi Pemasaran

Agar segmen pasar dapat bermanfaat maka harus memenuhi beberapa karakteristik:
·         Measurable : Ukuran, daya beli, dan profil segmen harus dapat diukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit diukur.
·         Accessible : Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
·         Substantial : Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani
·         Differentiable : Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen-elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.
·         Actionable : Program yang efektif dapat dibuat untuk menarik dan melayani segmen-segmen yang bersangkutan. Langkah dalam mengembangkan segmentasi yaitu :
1. Mensegmen pasar menggunakan variabel- variabel permintaan, seperti kebutuhan konsumen, manfaat yang dicari, dan situasi pemakaian.
2. Mendeskripsikan segmen pasar yang diidentifikasikan dengan menggunakan variabel- variabel yang dapat membantu perusahaan memahami cara melayani kebutuhan konsumen tersebut dan cara berkomunikasi dengan konsumen.

·         Contoh Perusahaan

PT Gudang garam Tbk merupakan salah satu produsen rokok paling sukses di Indonesia. Surya Wonowijoyo merupakan pendiri sekaligus pemilik awal gudang garam. Industri rokok berperan besar dalam perekonomian makro, selain menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, produsen rokok merupakan penyumbang pendapatan negara dari pita cukai. Kini saham PT Gudang garam Tbk merupakan salah satu saham yang diperdagangkan di bursa efek Jakarta.
Produk yang dihasilkan oleh PT Gudang garam Tbk yaitu rokok, berbagai macam merek rokok dihasilkan oleh perusahaan ini. Produk produk rokok tersebut seperti Gudang Garam International, Surya 1, Surya 16, Surya slims, Surya pro, Gudang Garam Nusantara Mild, Gudang Garam Merah,  dan lain sebagainya. Harga rokok rokok tersebut berbeda beda tergantung merek nya. Kisaran harganya mulai dari Rp 5000 hingga Rp 10000
          Daftar Harga produk PT Gudang Garam Tbk :
1.     Gudang Garam Filter 12 = Rp 8000/bungkus
2.    Gudang Garam Surya 16 = Rp 10100/bungkus
3.    Gudang Garam Profesional 12 = Rp 7800/bungkus
4.    Gudang Garam Merah = Rp 5750/bungkus
Seperti yang sudah diberitahukan diatas kisaran harga produk ini adalah Rp 5000 – Rp 10000, Produk ini memiliki segmen pasar umum. Produk ini bisa masuk ke masyarakat yang tingkat ekonominya menengah ke bawah, selain itu Pt Gudang Garam Tbk juga mendekatkan produk ini untuk kalangan dewasa muda guna menghilangkan hambatan emosional yang kerap muncul pada konsumen dewasa muda.


Daftar pustaka :

http://husniaalfaini.blogspot.com/2011/01/perilaku-konsumen-segmentasi-pasar-dan.html?m=1
http://ayuvianti.blogspot.com/2011/10/segmentasi-pasar-dan-kepuasan-konsumen.html?m=1
putraqwerty.blogspot.com/2012/10/segmantasi-dan-analisis-demografi.html?m=1
barrardliverpool.blogspot.com/2012/03/perusahaan-pengolahan-manufaktur-rokok.html?m=1

Buku Kamus Pemasaran karangan  Charles Doyle, terbitan PT Indeks tahun 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar