Jumat, 25 November 2011

Tugas 5


Nama   : Befrinda Agustin
Kelas    : 1EA19
Npm    : 18211304
Tugas 5
Defenisi Penderitaan :
     Penderitaan berasal kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta ,yang terdiri dari dua kata yaitu dhra yang artinya menanggu atau menahan dan derita yang berarti merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan sering terjadi seiring dengan perkembangan kehidupan manusia tersebut. Semakin berkembangnya kehidupan manusia maka akan semakin kompleks prnderitaan yang akan di hadapi oleh manusia.
        Penderitaan bersifat subjektif karena suatu peristiwa yang dianggap sebagai penderitaan oleh seseorang belum tentu juga dianggap penderitaan oleh orang lain. Penderitaan dapat dijadikan sebagai motivasi untuk bangkit kembali bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.
        Penderitaan sangat dihindari oleh manusia . Penderitaan juga bersifat pasti karena setiap orang pasti akan merasakan penderitaan bagaimanapun bentuk dan jenisnya. Contoh penderitaan psikis, orang yang mengalami putus cinta maka ia akan merasakan penderitaan yang teramat sangat, karena penderitaan psikis sangat berhubungan dengan perasaan batiniah.
        Penderitaan terbagi menjadi 2 yaitu penderitaan yang bersifat lama dan penderitaan yang bersifat sementara. Contoh penderitaan yang bersifat lama adalah jika seseorang harus diamputasi kakinya karena kecelakaan,hal ini tentunya akan menimbulkan penderitaan seumur hidup bagi yang mengalaminya.
        Penderitaan yang dialami oleh manusia selalu bermanfaat untuk menjadi bahan instropeksi diri manusia atau dapat juga sebagai pengalaman seseorang untuk menjadi manusia yang lebih bijaksana.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar