Sabtu, 12 November 2011

Tulisan 1


Nama   : Befrinda Agustin
Kelas    : 1EA19
Npm    : 18211304

Tulisan 1
Kenali Ilmu Budaya Dasar
Ilmu budaya dasar adalah ilmu yang menjelaskan atau mengajarkan tentang masalah masalah manusia dan kebudayaan. Ilmu budaya dasar biasanya sudah diajarkan sejak di jenjang sekolah dasar. Setiap siswa perlu mendapatkan pengajaran tentang ilmu budaya dasar. Pengajaran ilmu budaya dasar diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang budaya budaya yang ada di Indonesia pada masyarakat.
          Istilah ilmu budaya dasar dikembangkan di Indonesia sebagai ganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari bahasa Inggris The Humanities. Istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humanus  yang diartikan manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diharapkan seseorang dapat menjadi lebih manusiawi dan lebih berbudaya.
Ilmu budaya dasar pasti mencangkup dua hal yaitu manusia dan kebudayaan.  Ada beberapa pengertian kebudayaan menurut para ahli  yaitu :
1.     Menurut Selo soemardjan
Kebudayaan adalah hasil karya, rasa  dan cipta masyarakat
2.    Menurut Sutan takdir alisyahbana
Kebudayaan adalah manifesta cara berpikir
Ilmu budaya dasar berbeda dengan ilmu pengetahuan budaya  karena ilmu budaya dasar bukanlah ilmu yang tentang budaya melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah masalah manusia dan kebudayaan, sedangkan ilmu pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai nilai manusia sebagai makhluk budaya.
Tujuan adanya ilmu budaya dasar adalah agar manusia dapat mempelajari dan mengetahui budaya budaya yang sudah ada dengan baik sehingga ia dapat bersosialisasi dengan masyarakat disekitarnya .Selain itu pengajaran ilmu budaya dasar juga dapat membuat manusia dapt menempatkan diri dengan baik dalam masyarakat.
  •    Latar belakang adanya ilmu budaya dasar di Indonesia karena hal  hal sebagi berikut :
1.     Indonesia terdiri atas bermacam macam suku bangsa dan suku seperti suku bugis, suku baduy, suku batak dll hal ini menimbulkan lahirnya berbagai macam kebudayaan
2.    Munculnya berbagai macam ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat menggilas budaya budaya yang sudah ada
  •       Ruang lingkup ilmu budaya dasar dapat dilihat dari dua malah pokok ilmu budaya dasar ,masalah pokok itu antara lain :
1.     Berbagai aspek kehidupan merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya  yang dapt diatasi dengan toleransi
2.    Hakikat manusia yang satu dengan yang lain. Dalam menghadapi lingkungan alam, social,dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan persamaan persamaan akan tetapi juga ketidakseragaman yang diungkapkan secara tidak seragam 
  Ilmu budaya dasar memang sangat diperlukan oleh setiap kalangan masyarakat,karena jika seseorang tidak mempelajari ilmu budaya dasar maka ia akan mengalami kesulitan dam bersosialisasi.
  Dengan adanya ilmu budaya dasar maka generasi muda dapat mengetahui dan dapat mengembangkan budaya budaya yang sudah ada sesuai dengan zaman yang berlaku sehingga budaya budaya dasar yang ada di Indonesia tidak akan terlupakan dan punah termakan waktu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar