Sabtu, 12 November 2011

Tulisan 2



                 
Nama   : Befrinda Agustin
Kelas    : 1EA19
Npm    : 18211304
Tulisan 2
Budaya Indonesia

                   Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sumber daya alam . Di Indonesia terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang beraneka ragam ,selain itu Indonesia juga mempunyai panorama alam yang sangat indah yang dapat menarik wisatawan untuk berlibur di Indonesia . Tempat tempat di Indonesia yang mempunyai panorama alam yang indah seperti Bali ,Wakatobi, Yogyakarta dll.
          Selain panorama alamnya yang indah banyak faktor faktor lainnya yang dapat menarik wisatawan untuk datang ke Indonesia seperti kerajinan tangan asli Indonesia contohnya  batik . Batik merupakan kerajinan tangan khas Indonesia yang sudah diakui oleh dunia. Batik berkembang hampir di seluruh daerah di  indonesia , setiap daerah memiliki motif yang berbeda beda dengan daerah lainnya seperti batik khas solo yang terkenal dengan motif mega mendung . Batik daerah pekalongan yang identik dengan warna warna terang dengan motif tumbuh tumbuhan dan masih banyak batik dari daerah lainnya.Terdapat dua cara dalam membuat batik yang pertama adalah batik yang langsung dibuat dengan tangan manusia,sering disebut batik tulis,untuk membuat batik tulis, diperlukan canting sebagai media yang digunakan untuk membuat gambar atau motif pada kain.Yang ke dua adalah batik cetak atau sering disebut batik sablon karena cara membuatnya dengan dicetak menggunakan mesin sablon yang sudah diatur sesuai motif yang ingin dicetak. Kerajinan khas Indonesia lainnya adalah ukir ukiran kayu yang berasal dari Bali dan Jepara,Ukiran dari daerah Bali dan Jepara memiliki gaya yang berbeda dalam motif ukirannya. Wisatawan yang datang ke Indonesia sebagian besar membeli kerajinan kerajinan khas Indonesia sebagai oleh oleh untuk sanak saudaranya. Hal ini tentunya dapat membantu kita dalam upaya mengenalkan kerajinan kerajinan khas Indonesia di mata dunia sehingga kerajinan dan kesenian Indonesia tidak diakui lagi oleh Negara lain .
          Faktor lainnya yang menjadi daya tarik Indonesia dan perlu dikenalkan pada dunia adalah kuliner khas Indonesia. Kuliner Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri yaitu dengan menggunakan banyak rempah rempah dalam pembuatanya sehingga menghasilkan rasa yang berbeda dengan kuliner yang berasal dari eropa dan amerika.Kuliner kuliner Indonesia cenderung memiliki rasa yang lebih beraneka ragam dan pedas. Hal ini tentunya meninggalkan kesan yang berbeda bagi wisatawan yang berasal dari Eropa dan Amerika yang terbiasa dengan makanan yang tidak terlalu banyak menggunakan rempah rempah karena jenis jenis rempah rempah di Eropa dan Amerika tidak selengkap dan sekomplit di Indonesia.
          Kuliner Indonesia yang sudah dikenal di dunia adalah rendang dan nasi goreng . Rendang berasal dari Padang, Sumatera barat,rasanya yang pedas dan enak sangat disukai oleh orang orang Indonesia maupun luar negeri. Sedangkan nasi goreng tidak diketahui berasal dari daerah mana. Kedua masakan ini termasuk makanan yang paling enak di dunia dengan rendang menempati posisi pertama dan nasi goring menempati posisi ke tiga . Selain rendang dan nasi goreng makanan khas Indonesia lainnya yang dapat menarik wisatawan adalah bakso. Bakso merupakan bulatan daging ayam atau daging sapi yang digiling dan dijadikan menjadi bulatan bulatan. Dalam penyajiannya bakso sering disajikan menggunakan mie dan sambal. Ketiga makanan khas Indonesia ini sudah sangat dikenal oleh warga dunia. Bahkan banyak orang Indonesia yang sukses membuka restoran di luar negeri dengan menu makanan makanan khas Indonesia dan sangat diminati. Tetapi saat ini orang orang Indonesia lebih banyak mengkonsumsi makanan khas Negara lain seperti susi,tepanyaki,teriyaki yang bersal dari Jepang dan friench fries,humberger,pizza,spaghetti yang berasal dari Eropa .Hal ini tentunya merugikan bagi Indonesia karena dengan kita lebih banyak mengkonsumsi makanan makanan khas Negara lain ,dapat menggilas makanan makanan yang bersal dari Negara kita.
          Jika faktor faktor diatas dapat lebih kita kenalkan pada dunia luar maka akan sangat menguntungkan bagi Indonesia .Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengenalkan budaya budaya Indonesia di mata dunia seperti menggunakan produk produk khas dan asli Indonesia,Pelajari budaya budaya Indonesia seperti tariannya,konsumsi makanan khas Indonesia,dll. Manfaat lainnya jika kita mengenalkan budaya Indonesia di kepada wisatawan adalah jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Indonesia maka rakyat akan mendapatkan pekerjaan sehingga mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia dan dapat menambah devisa Negara yang dapat digunakan untuk membangun Negara Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar